Pelanggan yang Pergi Bertambah Lagi, Netflix Siapkan Langkah Ini

Pelanggan yang Pergi Bertambah Lagi, Netflix Siapkan Langkah Ini
Ilustrasi Netflix. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

arsipsumut.com

Netflix menjalani kuartal kedua 2022 yang menurun tajam. Perusahaan layanan streaming film dan program acara televisi itu kehilangan 970 ribu pelanggan dalam rentang April sampai Juni lalu.

Tapi, itu terhitung masih untung karena prediksi sebelumnya menyebut kehilangan bisa sampai dua juta pelanggan, setelah pada kuartal pertama harus kehilangan sekitar 200 ribu. 

Di atas kertas, kehilangan nyaris sejuta pelanggan berbayar mungkin pukulan besar bagi Netflix. Tetapi, nyatanya, pendapatan perusahaan itu dicatatkan masih tumbuh 8,6 persen.

Netflix menyatakan masih memiliki peningkatan rata-rata keanggotaan berbayar dan ARM (Average Revenue per Membership). Jumlahnya sebenarnya lebih tinggi lagi tetapi Netflix juga kehilangan US$339 juta dampak mata uang asing.

Untuk kuartal ketiga, Netflix membuat perkiraan pertumbuhan pelanggannya sebesar satu juta anggota baru. Meski tetap optimistis, angka satu juta itu kalah jauh dibandingkan dengan Q3 2021 yang berhasil menggaet 4,4 juta pelanggan baru.

Iklan di Netflix

Netflix mengusahakan berbagai cara kreatif untuk mendapatkan pelanggan baru. Sementara, adanya kerja sama dengan Microsoft diharapkan dapat mendatangkan iklan, yang artinya tambahan pundi-pundi baru bagi Netflix. 

Netflix menyatakan akan memperkenalkan paket baru pada awal 2023. Ini adalah salah satu bentuk usaha serta rencana baru sembari melihat dan mencirikan calon pelanggan potensial.

“Iklan juga akan memberikan keuntungan bagi Netflix dalam bentuk aliran pendapatan baru dari merek-merek yang ingin menjangkau audiens yang dapat dialamatkan di platform,” kata Mike Proulx, wakil presiden di Forrester, perusahaan riset pasar global. Tetapi, dia menambahkan, "Netflix perlu waktu men-skala-kan bisnis iklannya."

PHK ratusan karyawan Netflix

Netflix telah menghabiskan tiga bulan terakhir untuk menyesuaikan bisnisnya agar lebih baik dalam menghadapi tantangan yang diperkirakan akan dihadapi di sisa tahun ini. Perusahaan itu telah memberhentikan sekitar 450 karyawan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال