Hasil Tour de France 2022: Hugo Houle Rebut Etape 16, Vingegaard Masih Kuasai Klasemen

Hasil Tour de France 2022: Hugo Houle Rebut Etape 16, Vingegaard Masih Kuasai Klasemen
Hugo Houle. REUTERS/Christian Hartmann

arsipsumut.com

Hugo Houle berhasil menjuarai etape ke-16 Tour de France yang menempuh jarak 178,5 km dari Carcassonn, Selasa waktu setempat. Ia meraih gelar pertama di ajang ini dalam 12 tahun kariernya sebagai profesional.

Hugo Houle menjadi pembalap sepeda Kanada pertama yang menjuarai sebuah etape balap sepeda terbesar di dunia dalam 34 tahun terakhir ini. Ia meneruskan Steve Bauer yang menjuarai etape pertama Tour 1988 di Machecoul.

Pesepeda Prancis Valentin Madouas finis urutan kedua untuk tim Groupama-FDJ, sedangkan rekan sebangsa Houle, Michael Woods, menduduki urutan ketiga.

Woods dan Houle sama-sama membalap untuk tim Premier Tech dari Israel.

Pembalap sepeda Denmark Jonas Vingegaard mempertahankan kaus kuning sebagai tanda pemimpin klasemen keseluruhan, demikian Reuters.

Untuk Sang Adik

Hugo Houle, 31 tahun, mendedikasikan kemenangan Tour de France perdananya itu untuk almarhum adiknya, Pierrick, yang meninggal karena tabrak lari saat berusia delapan tahun pada 2012.
Ia mengaku selalu menyaksikan Tour de France dengan adik lelakinya itu lewat televisi. "Saudara laki-laki saya jadi korban tabrak lari di sebuah desa kecil tempat kami tinggal. Pada pukul delapan malam dia berlari dan tidak pernah kembali," kata Houle, yang hampir menangis.

"Kami pergi mencari dan menemukannya tiga jam kemudian. Mereka melakukan pijat jantung. Saya meraih tangannya dan saya melihat darah mengalir dari telinga dan hidungnya. Itu meninggalkan lubang besar dalam hidup saya."

"Menjadi mimpi saya untuk memenangi satu panggung untuk menghormatinya. Emosi yang gila, bahkan lebih baik karena saya punya waktu untuk menikmatinya."
"Jika saya harus menuliskan mimpi tentang bagaimana saya ingin memenangkan panggung, seperti inilah skenario yang akan saya tulis."

"Adik ku adalah penggemar terbesarku. Ketika hal seperti ini terjadi, butuh beberapa bulan untuk bergerak maju. Setelah itu terjadi, saya berada di Paris-Roubaix dan saya tidak tahu apa yang saya lakukan di sana."

Hasil Etape 15 Tour de France
 1. Hugo Houle (Kanada, Israel - Premier Tech):  4:23:47
 2. Valentin Madouas (Prancis, Groupama - FDJ): +1:10
 3. Michael Woods (Kanada, Israel - Premier Tech) +1:10.

Klasemen Umum Pembalap
1. Jonas Vingegaard (Denmark, Jumbo - Visma): 64:28:09
 2. Tadej Pogacar (Slovenia, UAE Team Emirates): +2:22
 3. Geraint Thomas (Inggris, INEOS Grenadiers): +2:43.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال