Fakta-fakta Penting Pembukaan ASEAN Para Games 2022 yang Dilakukan Sabtu Hari Ini

Fakta-fakta Penting Pembukaan ASEAN Para Games 2022 yang Dilakukan Sabtu Hari Ini
Logo ASEAN Para Games 2022.

arsipsumut.com

Pesta olahraga ASEAN Para Games 2022 (APG 2022) akan dibuka di Stadion Manahan Solo, Sabtu, 30 Juli 2022. Pembukaan akan dilakukan oleh Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin mulai 19.00 WIB.

Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc) sudah menyulap tribun penonton Stadion Manahan Solo menjadi panggung wayang besar untuk upacara pembukaan ini. Hal itu dilakukan karena selain untuk opening ceremony, Stadion Manahan juga bakal dijadikan arena perlombaan cabang olahraga para-atletik.

"Ini multievent pertama yang menggunakan arena yang sama untuk upacara pembukaan dan perlombaan para-atletik," kata Sekretaris Pelaksana Inaspoc Rima Ferdianto.

Upacara pembukaan ASEAN Para Games 2022 bakal menampilkan berbagai pertunjukan seperti tarian hingga pesta kembang api. Tarian yang akan disajikan kebudayaan Jawa mulai dari tarian dan wayang yang menceritakan soal maskot APG, yakni Rajamala. Untuk penutupan acara akan menampilkan tarian nusantara.

Pihak penyelenggara menargetkan 10.000 penonton hadir dalam upacara pembukaan APG 2022. Dari jumlah tersebut, enam ribu tiket untuk masyarakat umum. Sisanya untuk tamu undangan. Masyarakat bisa menyaksikan upacara pembukaan secara gratis dengan syarat telah melakukan vaksin dosis ketiga atau booster.

Ketua INASPOC (ASEAN Para Games Organizing Committee)  Gibran Rakabuming Raka menyatakan, Solo sudah benar-benar siap menyelenggarakan ASEAN Para Games 2022. "Usai pembukaan APG para atlet bisa langsung menggelar pertandingan. Karena saya sudah mengecek semua arena pertandingan sudah siap semuanya untuk pertandingan para atlet," kata Wali Kota Solo itu.

APG 2022 akan bergulir di Solo Raya dan Semarang pada 30 Juli-6 Agustus dengan mengambil tema "Striving for Equality" atau Berjuang untuk Kesetaraan. Dalam APG 2022, Indonesia selaku tuan rumah memiliki jumlah atlet terbanyak, yakni 324 atlet. Kemudian Thailand mengirim 303 wakil. Sisanya, Vietnam (119 atlet), Kamboja (112), Filipina (144), Malaysia (70), Myanmar (69), Singapura (37 atlet), Laos (37), Timor Leste (15 atlet), dan Brunei Darussalam dengan kontingen paling sedikit yakni 13 atlet. APG 2022 akan mempertandingkan 14 cabang olahraga. 

Fadli Imammuddin Nyalakan Kaldron 

Atlet para balap sepeda Muhammad Fadli Imammuddin bersiap menyalakan kaldron ASEAN Para Games 2022 dalam upacara pembukaan hari ini. Wakil Indonesia dari cabang olahraga para cycling dalam Paralimpiade Tokyo 2020 itu mengaku kaget saat diminta dadakan untuk menjadi penyulut api ASEAN Para Games 2022. 

Meski begitu, dia merasa senang mengemban amanah tersebut. "Dimintanya baru kemarin dadakan, ya saya senang-senang saja sih jadi bagian dari perhelatan besar," kata Fadli di Belitung, Jumat.

Fadli mengikuti sesi test ride, Jumat pagi, sebagai proses persiapan puncak Tour of Kemala yang akan digelar September. Dia mengatakan akan bertolak ke Solo, Jumat sore, setibanya di Jakarta dari Belitung.

Peraih satu emas, satu perak dan satu perunggu dalam Asian Para Games 2018 itu akan mengikuti gladi resik pada Sabtu pagi. Fadli akan menjadi penyulut api kaldron setelah obor diserahkan pada Walikota Solo ke-17 Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo.

"Dari dia terus ke atlet, dari atlet terus ke saya, saya yang nyalakan terakhir," kata Fadli, yang mengaku baru pertama kali bertindak sebagai penyulut api kaldron dalam acara olahraga multievent.

"Saya pada saat ditunjuk saya juga bilang saya sudah menerima acara di sini (Tour of Kemala Belitong 2022) gitu, mereka maunya tetap saya, jadi ya ketika saya dapat amanah itu ya saya sebisa mungkin harus bisa melaksanakan."

Meski cabang olahraga para-cycling tidak dipertandingkan di ASEAN Para Games kali ini.

Kontingen Indonesia Kenakan Batik 

Sekretaris Pelaksana Inaspoc Rima Ferdianto mengungkapkan kontingen Indonesia akan memakai batik dengan motif spesial dalam defile upacara pembukaan hari ini. Meski tak secara detail menyebutkan motifnya, Rima mengklaim masyarakat belum pernah menjumpai seragam seperti yang akan dikenakan skuad Merah Putih dalam acara pembukaan nanti.

Pada bagian depan, kata Rima, motif bakal menggambarkan sejumlah daerah di Indonesia. Sedangkan pada bagian belakang bernuansa merah dan putih. "Mereka akan mengenakan seragam dengan motif batik spesial dan langka yang tidak ditemui masyarakat sebelumnya," kata Rima kepada pewarta di Swiss-Belinn Saripetojo Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Dalam pelaksanaan defile pembukaan ASEAN Para Games 2022, Rima menjelaskan ada pembatasan jumlah setiap kontingen. "Paling banyak 30 orang setiap negara," kata Rima.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال