Amerika Serikat Tambah Kapasitas Pengujian Cacar Monyet

Amerika Serikat Tambah Kapasitas Pengujian Cacar Monyet
Seorang peserta mendaftar untuk menerima vaksinasi cacar monyet di Northwell Health Immediate Care Center di Fire Island-Cherry Grove, di New York, AS, 15 Juli 2022. Kasus cacar monyet telah ditemukan di sejumlah negara, terutama di benua Eropa, Afrika, Amerika dan sejumlah negara di Asia. REUTERS/Eduardo Munoz

arsipsumut.com

Menteri Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat Xavier Becerra pada Kamis, 28 Juli 2022, memastikan negaranya memiliki kapasitas untuk melakukan tes cacar monyet 60 ribu – 80 ribu tes perminggu. Ketika wabah cacar monyet dimulai, Amerika Serikat hanya mampu melakukan 6 ribu tes cacar monyet perminggu.

Amerika Serikat saat ini berada diurutan teratas di dunia dalam kasus penyebaran cacar monyet berdasakan data Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Kenaikan terjadi hanya dalam hitungan bulan.

Laporan CDC pada Kamis, 28 Juli 2022, menyebut ada 4.636 kasus cacar monyet total di seluruh Amerika. Cacar monyet sudah menyebar ke 77 titik fi seluruh dunia, di mana dampak penyakit ini adalah bisa menyebabkan ruam-ruam yang khas.

Amerika Serikat Tambah Kapasitas Pengujian Cacar Monyet
Seorang perawat melakukan vaksinasi cacar monyet di Northwell Health Immediate Care Center di Fire Island-Cherry Grove, di New York, AS, 15 Juli 2022. REUTERS/Eduardo Munoz

Selain Amerika Serikat, kenaikan kasus cacar monyet juga terjadi di Spanyol dengan 3.738 kasus, Jerman dengan 2.459 kasus, Inggris ada 2.432 kasus cacar monyet dan Prancis dengan 1.837 kasus cacar monyet.

Peta dunia untuk kasus cacar monyet berdasarkan data CDC memperlihatkan ada 20.311 kasus cacar monyet yang sudah terkonfirmasi di 71 negara, yang tidak punya sejarah terjadinya kasus cacar monyet. Dilaporkan pula ada 327 kasus dari enam negara yang punya sejarah cacar monyet.

Adapun berdasarkan data WHO, Amerika Serikat berada di urutan kedua kasus cacar monyet di luar negara yang punya riwayat cacar monyet, sebanyak 2.316 kasus. Sedangkan di urutan pertama adalah Spanyol dengan 3.125 kasus cacar monyet.

Kenaikan kasus cacar monyet di Amerika Serikat terjadi dalam beberapa pekan terakhir. WHO sudah mendeklarasikan cacar monyet sebagai darurat internasional.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال