4 Hal tentang Akun Robot di Twitter yang Dimaksud Elon Musk

4 Hal tentang Akun Robot di Twitter yang Dimaksud Elon Musk
Elon Musk dan Twitter. REUTERS

arsipsumut.com

Dari kesepakatan berkembang menjadi saling gugat. Pada Jumat lalu, 8 Juli 2022, miliarder teknologi Elon Musk mengumumkan telah mengakhiri kesepakatan senilai $44 miliar atau setara Rp 660 triliun untuk membeli Twitter. Alasannya, kata dia, data sebenarnya tentang akun robot atau bot spam di platform media sosial itu yang tak kunjung diberikan.

Twitter merespons dengan menyewa firma hukum untuk memaksa Elon menghargai dan menuntaskan perjanjian pembelian yang sudah dibuat. Isu seputar bot spam itu menjadi jantung konflik yang kini berkembang di antara Elon Musk dan Twitter di atas kesepakatan 'mencekam' yang terjalin di antara keduanya. 

1. Apa itu akun bot spam?

Kadang disebut 'bot' atau 'spam' atau 'akun palsu', tapi seluruhnya merujuk kepada akun-akun yang tidak asli yang bisa menirukan bagaimana orang-orang menggunakan Twitter. Beberapa akun spam adalah robot atau otomatis, tapi yang lain dioperasikan oleh manusia, membuatnya sulit untuk terdeteksi.

Akun robot bisa men-tweet, membagikan tweet, mem-follow dan di-follow orang lain, dan banyak hal lainnya. Dengan kemampuannya itu, akun-akun robot berpotensi digunakan untuk aktivitas mengganggu, menyesatkan, dan bahkan membahayakan.

Akun robot spam yang diprogram dengan motivasi komersil mungkin men-tweet terus menerus untuk mengarahkan traffic ke sebuah website produk atau layanan tertentu. Akun sejenis juga bisa digunakan untuk menyebarkan informasi sesat dan kampanye politik.

Bot spam kerap pula ditemukan dalam modus phishing yang menebar tautan jahat dan penipuan.

2. Mengapa akun bot menjadi permasalahan saat ini?

Elon Musk telah bicara tentang akun bot spam di Twitter selama bertahun-tahun. Pada 2020, dia muncul di sebuah acara Twitter, dan mendorong perusahaan itu untuk berbuat lebih banyak mencegah dan membersihkan akun-akun jenis ini. 

Sejak mengumumkan niatnya membeli Twitter pada April lalu, Elon Musk terhitung telah berulang kali pula men-tweet tentang akun robot yang ada di platform mikroblogging itu. CEO SpaceX dan pendiri Tesla itu menyatakan ingin memperbaiki Twitter dengan, antara lain, "mengalahkan akun-akun robot spam, dan melakukan autentifikasi seluruh akun manusia."

4 Hal tentang Akun Robot di Twitter yang Dimaksud Elon Musk

Pada Mei lalu, ketika CEO Twitter Parag Agrawal men-tweet tentang bagaimana cara perusahaan berlogo burung biru itu mendeteksi dan memerangi akun spam robot, Elon Musk meresponsnya dengan tweet balasan berisi pertanyaan: kenapa Twitter tidak langsung memanggil para pengguna untuk verifikasi identitas mereka? Tweet berikutnya berisi unggahan gambar emoji kotoran manusia.

3. Berapa banyak sebenarnya bot spam di Twitter?

Dalam sebuah surat enam paragraf pada 6 Juni lalu, tim pengacara Elon Musk menyatakan kalau Twitter telah "menolak permintaan data dari Elon Musk" untuk mengungkap jumlah akun palsu yang ada di platformnya. Tim pengacara Musk menilai itu sebagai sebuah, "pelanggaran yang sangat jelas" dari kesepakatan, dan memberikan hak kepada kliennya untuk membatalkan kesepakatan.

Pada keesokan harinya, Twitter sepakat untuk memberikan Elon Musk akses langsung kepada apa yang disebut sebagai 'fire hose' di platform, bagian ini menunjukkan jutaan tweet yang lalu lalang di jaringan itu setiap harinya. 

Sejak menjadi perusahaan publik pada 2013, Twitter telah mengeluarkan perkiraan bahwa kira-kira tak sampai lima persen yang berupa akun robot. Data yang sama dirilisnya untuk kuartal terakhir tahun lalu. Pada Kamis lalu, perusahaan menambah keterangannya kalau setiap harinya, sekitar sejuta akun bot spam dibersihkan dari platform, dan ada jutaan lainnya dikunci setiap minggunya.

Pembekuan akun dilakukan hingga orang yang berada di baliknya lulus uji anti-spam dengan cara menyediakan informasi tambahan, seperti nomor ponsel atau melewati tantangan reCaptcha untuk memastikan kalau mereka manusia.

Elon Musk tak percaya data itu dan meyakini jumlah bot spam di Twitter jauh lebih banyak daripada lima persen. Alih-alih menyediakan bukti, Elon bergabung dalam gugatan yang diajukan US Securities and Exchange Commission di Delaware soal ini pada Jumat lalu. Dia menilai kegagalan Twitter memberikan data spesifik akun robot berpuncak ke 'efek buruk perusahaan' yang membenarkan pembatalan rencana pengambilalihan.  

4. Bagaimana akun robot selama ini digunakan di Twitter?

Tak semua bot spam diharamkan oleh Twitter. Sebagian dibiarkannya berada dalam platform. Untuk mereka, Twitter lebih senang menyebutnya sebagai akun bot otomatisasi, yang berfungsi sebagai layanan. Twitter justru mendorong banyak dari akun-akun itu melabelkan diri sebagai robot untuk transparansi. Menurut Twitter, banyak dari akun itu yang menunjukkan atau memberi layanan berguna. 

Twitter mendefinisikan akun robot yang baik sebagai akun otomatis yang, "membantu orang-orang menemukan informasi relevan dan menghibur yang berguna." Dicontohkannya, @mrstockbot menyediakan kepada orang-orang respons yang terotomatisasi ketika mereka bertanya tentang saham dan @earthquakebot yang banyak men-tweet tentang info kejadian gempa bumi dengan magnitude 5,0 atau lebih di dunia. Atau, @tinycarebot, akun yang selalu mengingatkan perawatan diri. 

Pemberian label akun robot oleh Twitter. Foto: Twitter
Pemberian label akun robot oleh Twitter. Foto: Twitter

Tapi, akun bot spam lainnya bisa pula dioperasikan oleh pemerintahan, perusahaan atau pelaku untuk beragam tujuan jahat atau kriminal. Dalam Pemilu Presiden Amerika Serikat 2016 lalu, misalnya, Rusia diduga berada di balik akun-akun robot yang berpura-pura sebagai warga AS. Berusaha memecah belah para pemilik suara, bot spam dari Rusia disebut bekerja untuk memenangkan Donald Trump. 

Akun bot spam yang mencoba merayu orang-orang mengirim uang kripto, atau mata uang digital lainnya, ke dompet online untuk hadiah-hadiah yang sebenarnya tidak ada juga kerap ditemukan di Twitter. Kadang akun spam bot juga digunakan untuk menyerang selebritas atau politikus dan mencemarkan nama mereka.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال