6 Museum Sejarah di Kota Medan yang Jarang Diketahui

6 Museum Sejarah di Kota Medan yang Jarang Diketahui
Koleksi Museum Negeri Sumatera Utara dengan klasifikasi historika.

arsipsumut.com 

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang menyimpan banyak sekali destinasi wisata. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya, juga wisata sejarah. Wisata museum bisa dijadikan pilihan alternatif agar libur akhir pekanmu. Berwisata ke museum akan menambah wawasan dan referensimu khususnya tentang sejarah. Di Medan, ada banyak destinasi wisata museum yang menarik kamu kunjungi.

Bahkan museum-museum yang ada di Kota Medan berikut ini merupakan museum dengan keunikan khusus, yang belum tentu bisa didapatkan di tempat lain.

1. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Museum yang didirikan oleh Dr H. Rahmadsyah ini merupakan museum binatang liar. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery ini merupakan museum unik, yang menyajikan berbagai koleksi aneka jenis binatang yang diawetkan. Binatang-binatang liar yang sudah diawetkan dipajang di dalam museum ini. Di sini anak-anak akan diajak belajar mengenal hewan liar dan cara merawat hewan yang benar.

2. Museum Negeri Sumatera Utara

Salah satu museum terbesar Medan bahkan di Sumatera Utara adalah Museum Negeri Sumatera Utara. Bangunan museum berdiri di atas lahan seluas 10.468 meter persegi. Terdiri atas bangunan induk dua lantai yang difungsikan sebagai ruang pameran tetap, ruang pameran temporer, ruang audio-visual/ceramah, ruang kepala museum, tata usaha, ruang seksi bimbingan, perpustakaan, ruang mikrofilm, ruang komputer, serta gudang.

Secara arsitektur, bentuk bangunan induk museum ini menggambarkan rumah tradisional daerah Sumatera Utara. Sebagian besar koleksinya berasal dari daerah Sumatra Utara berupa benda-benda peninggalan sejarah budaya mulai dari masa prasejarah, klasik pengaruh Hindu-Buddha, Islam, hingga sejarah perjuangan masa kini.

Museum ini mempunyai koleksi berbagai peninggalan sejarah di Sumatera Utara. Anda bisa melihat dan mempelajari berbagai peninggalan sejarah yang ada di Sumatera Utara di sini.

3. Museum Situs Kota China

Salah satu tempat wisata museum Medan yang wajib Anda kunjungi adalah Museum Situs Kota China yang ada di tepi Danau Siombak. Berkunjung ke Museum Situs Kota China Medan gampang-gampang susah.

Posisinya yang berada di dalam sebuah jalanan yang agak sempit membuat pelancong cukup kesulitan menemukan museum yang terletak di bagian utara Kota Medan ini. Museum ini merupakan museum arkeologi yang menyimpan banyak benda-benda pra sejarah.

Berbagai kapal perniagaan dari Persia, Hindia dan bahkan Tiongkok pernah berlabuh di Kota Cinna. Hal itu dibuktikan dengan berbagai penemuan barang bersejarah di kawasan tersebut seperti keramik dari Persia dan Tiongkok, uang keping dari Sri Lanka dan Tiongkok dan patung Buddha dari Hindia.

4. Museum Uang

Adalagi museum lainnya di Medan yang harus Anda kunjungi yaitu Museum Uang Sumatera yang ada di dekat Istana Maimun. Museum ini sudah ada sejak tahun 2017 dan menyimpan koleksi uang yang pernah ada di Indonesia. Di sini Anda juga bisa belajar bagaimana sejarah peredaran uang di Indonesia.

Wisatawan yang mengunjungi museum ini akan dibuat takjub dengan koleksi super lengkap berupa uang-uang kuno yang ada di Nusantara. Selain itu, tempat yang dijadikan sebagai lokasi museum yaitu Gedung Juang 45 merupakan bangunan heritage warisan Belanda.

Gedung ini juga memiliki nilai historis dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke museum ini

5. Museum Perkebunan Indonesia

Museum Perkebunan Indonesia dikelola oleh Yayasan Museum Perkebunan Indonesia yang berlokasi di gedung milik Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS). Jika dari pinggir jalan, sudah terlihat jelas sebuah tulisan Museum Perkebunan Indonesia. Dengan Latar sebuah Rumah, Pesawat dan lokomotif.

Rumah dengan arsitektur jaman kolonial inilah yang menjadi sebuah Museum Perkebunan. Medan masih mempunyai museum yang wajib Anda kunjungi yaitu Museum Perkebunan Indonesia. Museum ini ada di Medan Maimun dan menjadi salah satu pusat informasi perkebunan di Indonesia.

Anda yang ingin tahu bagaimana perkembangan sejarah industri perkebunan Indonesia wajib datang ke sini.

6. Museum Perjuangan TNI

Museum ini pertama kali didirikan pada 1928 oleh pemerintah Belanda yang digunakan sebagai bangunan Asuransi NV Levensverzekering Maatschappij “Arhnehen”. Pada 5 Oktober 1996, Pangdam I Bukit Barisan meresmikan perenovasian museum dan menetapkan namanya menjadi Museum Perjuangan TNI. Museum Militer ini dibuka pada tahun 1971 serta merupakan salah satu tempat yang menyimpan benda- benda sejarah perjuangan ABRI dan rakyat di Sumatera Utara.

Seperti senjata, obat – obatan dan pakaian seragam yang digunakan pada perang kemerdekaan Indonesia melawan pemberontakan pada tahun 1985. (***)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال